ads
Cetak Sejarah Baru, Shin Tae Yong Loloskan 3 Timnas Berbeda ke Piala Asia

Cetak Sejarah Baru, Shin Tae Yong Loloskan 3 Timnas Berbeda ke Piala Asia

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Solo – Kelolosan Timnas Sepak Bola Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024 Qatar jadi catatan rekor bagi Shin Tae Yong sebagai pelatih. Selama 3 tahun ini, pelatih kepala yang di Kontrak Indonesia sejak 28 Desember 2019 tersebut punya jasa besar bagi sepak bola Indonesia.

Kepastian lolosnya Indonesia ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024 di Qatar tersebut didapatkan usai Timnas menekuk Turkmenistan 2 gol tanpa balas. Dengan hasil kemenangan tersebut, Indonesia berhasil mengakhiri kualifikasi sebagai juara grup K.

Dengan menjadi juara grup K pada Kualifikasi Piala Asia U-23 ini, Indonesia berhasil lolos sebagai bagian dari 16 peserta turnamen antara negara Asia kelompok umum 23 tahun tersebut. Dari Grup K sendiri, hanya Timnas Indonesia yang lolos sedangkan Turkmenistan dan Taiwan tidak.

Shin Tae Yong Bawa 3 Timnas Berbeda Ke Piala Asia

Dari hasil yang di dapatkan Timnas U-23 tersebut, Indonesia sudah meloloskan 3 Tim berbeda selama dilatih oleh Shin Tae Yong. Pelatih berusia 52 tahun tersebut sudah berhasil meloloskan Timnas Senior, TImnas U-19, dan Timnas U-23 ke Piala Asia.

Kelolosan tersebut jadi pencapaian terbaik seorang pelatih Timnas Indonesia yang berhasil tiga kali membawa Timnas berbeda ikut serta dalam gelaran Piala Asia. Selain rekor tersebut, lolosnya Timnas U-23 juga menjadi sejarah baru karena baru pertama kali akan ikut dalam turnamen Piala Asia U-23.

Kerja keras Shin Tae Yong untuk membantu Timnas yang solusi mulai dari kelompok umur hingga senior terbukti berhasil. Timnas di segala kelompok usia mampu memberikan hasil terbaik yang belum tercapai di era kepelatihan sebelumnya.

Timnas Indonesia U-23 Akan Ikut Piala Asia U-23 di Qatar

Setelah kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas U-23 akan tampil bersama dengan 16 tim negara lain di Piala Asia U-23 yang berlangsung pada bulan April 2023 di Qatar. Turnamen tersebut akan berlangsung mulai tanggal 15 April sampai 4 Mei 2023.

Beberapa pemain Timnas U-23 ini juga akan bergabung dalam TC Timnas U-24 proyeksi Asian Games 2022. Pada gelaran cabang sepak bola Asian Games 2022 tersebut, Indonesia akan tergabung dalam Grup F yang berisikan Korea Utara, Kirgistan, dan Taiwan.

Jadwal Pertandingan Shin Tae Yong Bersama Timnas Indonesia Selanjutnya

Setelah pertandingan kualifikasi Piala Asia U-23, Shin Tae Yong akan mempersiapkan Timnas Indonesia Senior yang pada bulan Oktober bertanding melawa Brunei Darussalam di Kualifikasi Putaran Pertama Piala Dunia 2023 Zona Asia. Shin Tae Yong tidak memimpin Timnas U-24 di Asian Games dan yang ditangani oleh Indra Syafri.

Di Kualifikasi Piala Dunia Putaran Pertama tersebut, Timnas akan bermain Home and Away untuk memperebutkan satu jatah tiket ke Putaran Kedua. Dilihat dari kekuatan Brunei Darussalam sendiri, Indonesia harusnya dapat menang mudah dan bisa lolos ke putaran kedua.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia putaran pertama tersebut akan berlangsung pada tanggal 12 Oktober dan 17 Oktober 2023. Indonesia bertindak sebagai tuan rumah di Leg Pertama dan melakoni laga Away pada Leg Kedua di Brunei.

Dengan jadwal yang pada ini semoga Timnas Indonesia di segala kelompok usia maupun senior dapat memberikan hal yang terbaik. Sejauh ini Shin Tae Yong memang punya visi yang bagus untuk kemajuan sepak bola Indonesia khususnya Timnas baik senior maupun kelompok umur lainnya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads