ads
9 Negara Pastikan Lolos ke Euro 2024 Termasuk Inggris yang Menang Lawan Italia

9 Negara Pastikan Lolos ke Euro 2024 Termasuk Inggris yang Menang Lawan Italia

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Jakarta – Hingga Rabu dini hari WIB, total sudah ada 9 negara yang memastikan diri lolos ke putaran final Euro 2024. Sembilan negara tersebut lolos otomatis untuk ikut dalam kompetisi antara negara Eropa yang akan berlangsung 14 Juni – 14 Juli 2024 di Jerman.

Dengan lolosnya 9 negara ke Euro 2024 tersebut, tersisa 15 tiket lolos lagi yang masih diperebutkan oleh beberapa negara Eropa. Inggris menjadi negara ke sembilan yang berhasil memastikan langkahnya sebagai peserta Euro tahun depan.

Daftar Negara yang Lolos ke Putaran Final Euro 2024 di Jerman

Selain Inggris, ada beberapa negara terbaik dalam hal sepak bola yang juga sudah pasti ikut berpartisipasi dalam gelaran kompetisi antara negara Eropa 4 tahun sekali tersebut. Jerman merupakan negara yang akan bertindak sebagai tuan rumah sehingga dipastikan lolos otomatis.

Sebagai tuan rumah, Euro tahun 2024 ini akan terselenggara di 10 kota dengan 10 stadion berbeda. Jerman dipercaya lagi sebagai tuan rumah event Major Dunia untuk Euro edisi ke 17 tersebut setelah terakhir kali menyelenggarakan Piala Dunia 2006.

Selain Jerman, ada beberapa negara besar lain yang juga ikut dalam gelaran Euro pada bulan Juni dan Juli tahun depan. Daftar negara yang sudah lolos ke putaran final Euro lewat jalur Kualifikasi Euro 2024 tersebut di antaranya :

  • Jerman (Tuan Rumah)
  • Prancis (Grup B Kualifikasi)
  • Belgia (Grup F Kualifikasi)
  • Portugal (Grup J Kualifikasi)
  • Spanyol (Grup A Kualifikasi)
  • Skotlandia (Grup A Kualifikasi)
  • Turki (Grup D Kualifikasi)
  • Austria (Grup F Kualifikasi)
  • Inggris (Grup C Kualifikasi)

Masih Tersisa 15 Tiket Lolos ke Euro 2024 Lagi

Dengan terisinya 9 peserta Euro tersebut menjadikan masih ada 15 tiket lagi yang akan diperebutkan oleh setiap negara di Eropa. 15 tiket tersebut 12nya akan di dapatkan dari juara dan peringkat kedua dalam grup di kualifikasi yang sedang berjalan.

Grup yang sudah merampungkan dua wakilnya untuk lolos yakni grup A di mana ada Spanyol dan Skotlandia. Selain itu, ada juga Grup F lewat Belgia dan Austria. Sedangkan Grup B, J, D, dan C baru meloloskan satu wakil. Untuk Grup E,G,H, dan I sampai saat ini belum ada kepastian yang lolos.

Selain 20 tiket lolos langsung yang akan diberikan ke dua wakil teratas setiap grup kualifikasi, 3 tiket lolos lagi akan di dapatkan dari babak Playoff. Babak tersebut dipengaruhi dari performa tim saat mengikuti UEFA Nations League 2023/2024.

Peluang Negara Top Dunia untuk Lolos ke Euro 2024

Masih ada nama – nama tim top dunia yang belum memastikan diri untuk lolos ke Euro. Italia yang tadi malam dikalahkan Inggris masih belum pasti lolos ke gelaran pesta olahraga Eropa ke 17 tersebut. Italia wajib menang di dua laga terakhir untuk menggera Ukraina di posisi kedua Grup C.

Belanda masih harus bersaing dengan Yunani untuk mendapatkan satu tiket mendampingi Prancis dari Grup B. Sedangkan di Grup D, Wales dan Kroasia akan saling berlomba untuk mendapatkan poin maksimal demi bisa merebutkan satu tiket lolos ke Euro 2024.

Dari Grup E, masih ada empat negara yang bersaing untuk lolos yakni Polandia, Albania, Ceko, dan Moldova. Serbia dan Hongaria dari Grup G punya peluang besar lolos meskipun masih ada Montenegro. Di Grup H ada Slovenia, Denmark, dan Kazakhstan yang akan memperebutkan dua tiket lolos.

Untuk Grup I, ada tiga negara yang masih punya peluang lolos ke Euro 2024 seperti Rumania, Swiss, dan Israel. Sedangkan Slowakia punya peluang besar untuk bisa lolos ke putaran final Euro meskipun masih harus bersaing dengan Luksemburg.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads