ads
Fakta Menarik FIBA World Cup 2023 yang Sedang Berlangsung Sejak 25 Agustus 2023

Fakta Menarik FIBA World Cup 2023 yang Sedang Berlangsung Sejak 25 Agustus 2023

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta - Ajang FIBA World Cup 2023 sudah resmi dibuka mulai tanggal 25 Agustus 2023 kemarin. Dimulainya pertandingan Bola Basket antar negara terbaik di Dunia ini menjadi sejarah untuk Indonesia. Kompetisi bola basket terbesar di Dunia ini terselenggara di 3 negara yakni Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Selain menjadi sejarah pertama kali bagi Indonesia dalam menggelar FIBA World Cup, ada beberapa fakta - fakta menarik. Beberapa fakta menarik tentang FIBA World Cup 2023 tersebut dijelaskan di bawah ini.

Indonesia Arena, Venue FIBA Word Cup 2023 di Jakarta

Fakta pertama datang dari Venue atau tempat terselenggaranya FIBA World Cup 2023 di Jakarta. Indonesia Arena menjadi stadion Indoor terbesar yang dibangun khusus untuk memenuhi syarat Stadion Indoor untuk terselenggaranya FIBA World Cup 2023.

Dalam peresmiannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa total biaya yang digunakan untuk pembangunan Indonesia Arena sebesar Rp. 640 miliar. Pembangunannya terbilang cepat karena hanya memakan waktu 18 bulan saja.

Grup G dan H FIBA World Cup 2023 yang Akan Bermain di Jakarta

Indonesia sebagai Tuan Rumah akan mempertandingkan pertandingan dari Grup G dan H. Setiap Grup terdiri dari 4 negara sehingga total ada 8 negara yang akan bertanding di Indonesia Arena. Negara – negara terebut yakni Kanada, Brasil, Prancis, Latvia, Iran, Pantai Gading, Lebanon, dan juara bertahan Spanyol.

Total akan ada 12 pertandingan penyisihan dari grup G dan grup H yang akan dipertandingkan dan sudah berjalan sejak tanggal 25 Agustus 2023. Dua tim terbaik dari masing – masing grup akan masuk ke babak selanjutnya yang juga digelar di Indonesia Arena.

Bertabur Bintang NBA yang Membela Negaranya

Salah satu daya tarik dari pertandingan FIBA World Cup 2023 ini adalah hadirnya beberapa bintang NBA yang membela negaranya masing – masing. FIBA World Cup 2023 ini menjadi salah satu kompetisi resmi antar negara dengan pemain NBA terbanyak yang ikut berpartisipasi.

Total 55 pemain NBA akan ikut memeriahkan pertandingan – pertandingan di FIBA World Cup 2023. Jumlah pemain ini memecahkan rekor sebelumnya pada edisi tahun 2019 dengan 54 Pemain. Dari 55 pemain tersebut, 21 di antaranya akan hadir di Indonesia Arena.

Timnas Basket Indonesia Tidak Ikut Bertanding

Meskipun bertindak sebagai tuan rumah dalam perhelatan FIBA World Cup 2023, Timnas Basket Indonesia tidak ikut bertanding. Fakta tersebut terjadi karena regulasi dari FIBA sendiri. Dari total 32 Negara yang berpartisipasi hanya Jepang dan Filipina sebagai penyelenggara di mana Timnas Basketnya juga ikut bertanding.

Alasan utamanya karena FIBA tidak mengizinkan Timnas Basket Indonesia bisa lolos langsung untuk ikut bermain di FIBA World Cup 2023 dan harus melewati babak play off terlebih dahulu. Sayangnya, pada babak play off yang digelar 18 Juli 2023 lalu, Timnas Basket Indonesia kalah dengan China lewat Skor 58-108.

Menyuguhkan Pertandingan Seru Sebagai Hiburan Pecinta Basket Tanah Air

Selama 10 hari penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 mulai tanggal 25 Agustus 2023 sampai dengan 3 September 2023, akan ada banyak pertandingan seru yang bisa disaksikan. Antusiasme pecinta basket tanah air sudah terlihat di mana hal ini terbukti dari ludesnya tiket pertandingan.

Laga antara Kanada dan Prancis yang juga disaksikan oleh Presiden Jokowi menjadi rekor pertandingan olahraga Indoor dengan jumlah penonton terbanyak. Total 12.091 penonton menghadiri laga pembuka penyisihan grup H tersebut.

Beberapa fakta menarik dari terselenggaranya FIBA World Cup 2023 tersebut yang jadi alasan tingginya antusiasme pecinta basket tanah air.  

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads