ads
9 Fakta Menarik Asian Games 2022 yang Baru Dibuka Secara Resmi

9 Fakta Menarik Asian Games 2022 yang Baru Dibuka Secara Resmi

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Hangzhou – Tanggal 23 September 2023, Asian Games 2022 resmi dibuka dan akan berlangsung di kota Hangzhou, China bagian timur. Pesta olahraga terbesar antar negara Asia ini akan berlangsung hingga tanggal 8 Oktober Mendatang.

Dari pembukaan yang berlangsung cukup meraih tersebut, tersimpan beberapa fakta menarik. Asian Games yang berlangsung di Hangzhou, China tersebut masih menggunakan nama tahun 2022 karena memang seharusnya pekan olahraga Asia ini diselenggarakan setahun silam.

Fakta Menarik Asian Games 2022 di Hangzhou, China

Selain fakta bahkan Asian Games yang berlangsung di tahun 2023 ini merupakan seri Asian Games yang bergeser waktu penyelenggaraannya, ada beberapa fakta menarik lainya. Berikut beberapa fakta yang menarik untuk bisa diketahui dalam penyelenggaraan Asian Games tersebut.

1. Sejumlah Cabang Olahraga Sudah Berlangsung Sebelum Pembukaan

Fakta pertama yang dapat ditemukan dalam penyelenggaraan Asian Games 2022 ini yakni penyelenggaraan beberapa cabang olahraga dimulai sebelum pembukaan. Jadwal ini memang wajar dan sudah biasa dilakukan pada setiap olahraga multi-cabang lainnya.

2. Cina Menjadi Tuan Rumah Ketiga Kalinya

Fakta kedua dari kompetisi olahraga multi-cabang 4 tahunan ini ada padat kesempatan China menjadi tuan rumah. Hingga penyelenggaraan di tahun 2023 ini, China sudah menjadi tuan rumah sebanyak 3 kali. Sebelum 2022, China menjadi tuan rumah untuk edisi tahun 2010 dan tahun 1990.

3. Total Medali Emas Diperebutkan

Fakta ketiga dari kompetisi olahraga banyak cabang di Asia ini ada pada jumlah emas yang diperebutkan. Total ada 481 medali emas yang akan diperebutkan dalam 61 nomor dan 40 cabang olahraga. Jumlah emas yang diperebutkan ini lebih banyak dari edisi sebelumnya tahun 2018 di Indonesia.

4. Kota Penyelenggara

Tiga kali China mengadakan Asian Games selalu terselenggara di kota yang berbeda. Asian Games 2022 tahun ini diselenggarakan di kota HangZhoug. Selain itu, ada 5 kota pendamping sebagai penyelenggara Asian Games tahun ini yang semuanya ada di Provinsi Zhejiang.

5. Rekor Jumlah Atlet Terbanyak

Berdasarkan informasi dari penyelenggara, jumlah total atlet yang berpartisipasi dalam Asian Games tahun ini paling banyak dibandingkan edisi – edisi sebelumnya. Total akan ada 12.500 atlet dari 45 negara yang berpartisipasi di mana jumlahnya lebih besar dari Olimpiade Tokyo 2020.

6. Olahraga Baru yang Dipertandingkan

Esport yang pada edisi sebelumnya hanya sebagai olahraga demonstrasi, di tahun edisi Asian Games 2022 kali ini sudah memperebutkan medali. Total ada tujuh emas yang diperebutkan dalam pertandingan E-sport. Selain itu ada olahraga Breakdancing juga yang merupakan cabang baru.

7. Cabang Olahraga Tertentu Sebagai Kualifikasi ke Olimpiade

Beberapa cabang olahraga dalam Asian Games menjadikan event ini sebagai ajang kualifikasi untuk ikut Olimpiade Paris 2024. Panahan, renang artistik, tinju, anggar, hoki, pentathlon, layar, tenis, dan polo ari merupakan cabang olahraga yang menjadikan ajang antara negara Asia ini sebagai bagian dari kualifikasi Olimpiade.

8. Cabang Olahraga Non-Olimpiade Ikut Dipertandingkan

Ada beberapa cabang olahraga Non-Olimpiade yang ikut dipertandingkan dalam perebutan medali Asian Games 2022. Olahraga tersebut di antaranya Perahu Naga, Wushu, Permainan Papan Go dan Xiangqi, Sepak Takraw, Kriket, dan Kabaddi.

9. Jumlah Atlet dari Indonesia

Dari 12 ribuan atlet yang hadir di Asian Games kali ini, total 413 atletnya merupakan wakil dari Indonesia. 413 atlet tersebut akan mengikuti total 16 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asia Games tahun 2022.

Dengan fakta menarik yang ada tersebut, semoga penyelenggaraan Asian Games pada edisi kali ini bisa berjalan lancar. Harapan terhadap Atlet Indonesia untuk meraih hasil maksimal di Asian Games 2022 selalu ada.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads