ads
Hasil MotoGP Mandalika 2023 dan Fakta - Fakta Menariknya

Hasil MotoGP Mandalika 2023 dan Fakta - Fakta Menariknya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Mandalika – Hasil MotoGP Mandalika 2023 menjadikan Francesco Bagnaia muncul sebagai pemenangan dalam balapan yang berlangsung Minggu (15/10). Di Sirkuit Internasional Mandalika ini, balapan MotoGP berlangsung seru dan penuh dengan kejutan.

Sejak dari garis start, para pembalap top dunia saling menyalip untuk mendapatkan posisi terdepan. Jorge Martin yang sehari sebelumnya memenangi Sprint Race langsung tancap gas dan berhasil menyalip semua pembalap di depanya sebelum tikungan pertama.

Jalannya Balapan MotoGP Mandalika  2023 yang Berlangsung Seru

Sejak dari putaran atau lap pertama, Jorge Martin kokoh memimpin semua pembalap dan berada di depan. Jorge Martin yang secara perhitungan poin memimpin di atas semua pembalap lain untuk perebutan juara dunia, terus memacu motornya agar lebih menjauh lagi.

Petaka datang saat memasuki Lap ke 13 di mana pada tikungan ke 11, Jorge Martin membuat kesalahan di mana roda depan akhirnya kehilangan grip dan harus terjatuh. Akibatnya, Jorge Martin tidak bisa melanjutkan balapan dan harus kehilangan poin 25 yang sudah di depan mata.

Pembalap yang berada di belakangnya memimpin balapan selanjutnya, yakni Maverick Vinales. Mengetahui Jorge Martin terjatuh, Bagnaia mampu konsisten untuk terus melaju pembalap di depanya hingga mendekat ke pemimpin balapan. Memasukkan lap ke 19, Bagnaia mampu menyalip Maverick Vinales dan menjadi pembalap terdepan.

Dengan sisa 8 lap lagi, Bagnaia tampil konsisten dan terus terdepan hingga memenangkan balapan MotoGP Mandalika 2023. Total waktu yang dibutuhkan oleh Francesco Bagnaia untuk menjadi pemenangan di Indonesian GP ini 41 menit 20,293 detik sebanyak 27 lap.

Fakta Menarik Hasil Balapan Indonesia GP di Sirkuit Mandalika 2023

Dari hasil balapan yang tersaji di Sirkuit Mandalika tersebut menyisakan beberapa fakta menarik yang patut untuk menjadi perbincangan para penggemar MotoGP. Beberapa fakta menarik tersebut di antaranya dapat Anda temukan dalam pembahasan di bawah ini.

1. Klasemen Pembalap Berubah

Ada perubahan klasemen pembalap setelah kemenangan yang diraih oleh Francesco Bagnaia di MotoGP Mandalika 2023. Dengan hasil tersebut, Peco (sebutan Bagnaia) mengoleksi 345 poin sementara pesaing terdekatnya Jorge Martin tertahan dengan 321 poin karena gagal finish di Mandalika.

Hasil Finish Francesco Bagnaia juga menorehkan prestasi sendiri di mana ia mampu finish terdepat di luar empat baris pertama saat start untuk balapan kering. Kemenangan ini menyamai capaian Marco Melandri pada gelaran GP Turki tahun 2006.

2. Performa Start Terbaik dari Jorge Martin

Pencapaian Jorge Martin di MotoGP Mandalika tahun ini memang berakhir dengan tragis karena lewat performa yang ditunjukkannya tidak bisa menang akibat kesalahan. Sejak Start, Jorge Martin menunjukkan performa impresif dengan capaian start dari posisi 6 langsung naik ke posisi pertama sebelum tikungan pertama.

3. Banyak Pembalap yang Jatuh

Selain Jorge Martin yang secara mengejutkan terjatuh saat memimpin jalannya balapan, ada beberapa pembalap lain yang juga jatuh di Sirkuit Mandalika. Dari banyaknya pembalap yang jatuh, Crash yang dialami Marc Marques tentu yang paling menjadi perhatikan. Marques harus mengakhiri balapan sprint Race maupun Race MotoGP Mandalika dengan hasil gagal finish akibat terjatuh.

4. Marco Bezzecchi Tampil Impresif

Performa apik lain juga ditunjukkan dari pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, yang berhasil naik podium di posisi ke 3 pada Sprint Race. Meskipun di balapan utama hanya mampu finish di posisi 5, penampilan Bezzecchi ini tetap dianggap impresif saat melihat jalannya balapan padahal Dia baru saja selesai menjalani operasi tulang selangka.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads