ads
Hasil Lengkap Final Kejuaraan Dunia BWF 2023 dan Sejumlah Fakta Menariknya

Hasil Lengkap Final Kejuaraan Dunia BWF 2023 dan Sejumlah Fakta Menariknya

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Copenhagen – Hasil lengkap Final Kejuaraan Dunia BWF 2023 sudah selesai bergulir pada hari Minggu, 27 Agustus 2023 di Royal Arena, Copenhagen, Denmark. Beberapa catatan menarik hadir dari gelaran BWF yang dilaksanakan setahun sekali tersebut.

Indonesia gagal meraih gelar pada Final Kejuaraan Dunia ini sedangkan Thailand membuat sejarah dengan tampil merebut satu sektor Tunggal Putra. Korea Selatan dan China sama – sama mendapatkan 2 gelar sisanya dalam Kejuaraan Dunia BWF 2023 ini.

Hasil Lengkap Final Kejuaraan Dunia BWF 2023

Dalam final yang berlangsung di Royal Arena tersebut, Indonesia hanya mampu mengirimkan satu wakilnya lewat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silvia Ramadhanti di sektor Ganda Putri. Kedua pasangan tersebut kalah dari pasangan China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan 2 set langsung 16-21, 12-21.

Meskipun berhasil mengalahkan pasangan Indonesia di sektor Ganda Putri, China belum berhasil mendapatkan gelar dari Ganda Campuran lewat pasangan nomor satu mereka. Zheng Si Wei/Huang Ya Wiang secara mengejutkan kalah dari pasangan Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung (17-12, 21-10, 18-21).

Wakil Asia Tenggara Lainya, Thailand, berhasil mendapatkan satu gelar juara Dunia Badminton lewat tunggal putra terbaik mereka, Kunlavut Vitdsarn. Tampil sebagai unggulan ketiga, Kunlavut Vitdsarn mampu mengalahkan unggulan keempat yang berasal dari Jepang, Kodai Naraoka di Final (19-21, 21-18, 21-7).

Di Sektor Ganda Putra dan Tunggal Putri, Korea Selatan juga mendapatkan raihan gelar juara. An Se Young mengalahkan Carolina Marin dari Spanyol (21-12, 21-10) dan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae mengalahkan Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmuseen dari Denmark (14-21, 21-15, 21-17).

Fakta Unik Dari Hasil Final Kejuaraan Dunia BWF 2023

Meskipun sudah berakhir, gelaran kejuaraan dunia bulu tangkis 2023 tersebut tetap menyisakan beberapa fakta menarik. Ada sejumlah sejarah yang tercipta dalam gelaran tahunan sektor individual yang diselenggarakan BWF tersebut. Beberapa catatan fakta yang ada, di antaranya seperti :

1. Indonesia harus menunggu lahirnya juara dunia sektor ganda putri

Sampai saat ini belum ada juara dunia di sektor ganda putri dari Indonesia. Kekalahan Apri/Fadia masih sama seperti pencapaian terdahulunya lewat Verwaty Fadjrin/Imelda Wiguno (1980) dan Finarsih/Lili di tahun 1995 yang sama - sama kalah di final.

Meskipun kalah di laga Final, Apri/Fidia sebagai wakil Indonesia satu satunya di FInal tetap patut diapresiasi dengan hasil dan pencapaiannya. Apriyani dan Fadia mampu kembali menunjukkan performa terbaik di Kejuaraan Dunia BWF 2023 ini setelah setahun terakhir mengalami penurunan.

2. Seo Seung-Jae dari Korea Selatan ini membukukan Rekor

Pebututangkis putra asal Korea Selatan ini membukukan rekor sebagai atlet yang berhasil menjadi yang terbaik di dua sektor sekaligus. Seo Seung-Jae menyabet dua gelar dari sektor Ganda Campuran bersama Chae Yu Jung dan Ganda Putra dengan Kang Min Hyuk.

3. Kunlavut Vitdsarn, juara dunia junior dan senior

Selain Seo Seung-Jae, pebulutangkis tunggal putra Thailand juga mencatatkan sejarah sebagai atlet yang mampu mendapatkan dua gelar juara Dunia untuk Junior dan Senior. Vitdsarn akhirnya mampu menyabet gelar juara dunia senior setelah tiga tahun berturut – turun 2017-2019 menguasai sektor tunggal putra BWF World Championship.

4. Korea Selatan dapat gelar terbanyak

Korea Selatan menjadi negara yang mendapatkan gelar terbanyak dalam hasil lengkap Final Kejuaraan Dunia BWF 2023 tersebut. Ketiga gelar yang diperoleh Korea Selatan dari sektor tunggal putri, ganda putra, dan ganda campuran.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads