ads
4 Stadion Piala Dunia U-17 Indonesia Sesuai Kesepakatan PSSI dan FIFA

4 Stadion Piala Dunia U-17 Indonesia Sesuai Kesepakatan PSSI dan FIFA

Smallest Font
Largest Font

Beritadata.com, Jakarta – Kesepakatan antara FIFA dan PSSI pada saat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia hanya akan menggunakan 4 stadion saja. Rencana awal Piala Dunia U-17 tersebut akan memakai 6 stadion di Jawa, Sumatera, dan Bali seperti persiapan Piala Dunia U-20 sebelumnya.

PSSI memusatkan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia pada tanggal 10 November – 2 Desember 2023 di pulau Jawa. Dana dan logistik menjadi alasan keputusan tersebut dibuat oleh PSSI, seperti yang disampaikan Eric Thohir sebagai Ketua PSSI.

Pengumuman resmi dari stadion yang akan menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia U-17 2023 tersebut akan disampaikan langsung oleh FIFA. Keputusan stadion mana saja yang akan digunakan tepat harus mendapatkan persetujuan dari FIFA.

4 Stadion untuk Piala Dunia U-17 2023 di 4 Kota Berbeda

Piala Dunia kelompok umum 17 tahun yang akan terselenggara di Indonesia ini akan menggunakan 4 stadion di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya. Ulasan di bawah ini menjadi bagian untuk lebih mengenal 4 Stadion di 4 Kota berbeda tersebut dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

1. JIS di Jakarta

Stadion yang belakangan cukup ramai diperbincangkan ini sepertinya sudah pasti akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Dengan kapasitas yang besar dan sistem modern, JIS jadi satu stadion terbaik yang layak digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan internasional, termasuk Piala Dunia.

JIS punya banyak fasilitas penunjang kebutuhan kompetisi internasional meskipun ada beberapa bagian yang menjadi catatan untuk diperbaiki. Rumput dan akses keluar masuk penonton jadi satu catatan yang akan diperbaiki oleh Pemerintah agar JIS bisa menjadi stadion Piala Dunia U-17 .

2. Stadion Si Jalak Harupat di Bandung

Stadion milik Pemerintah Kota Bandung ini juga dipersiapkan untuk menjadi tempat pertandingan Piala Dunia U-17 Indonesia. Stadion ini sudah banyak mengalami renovasi pada saat persiapan Indonesia dalam menggelar Piala Dunia U-20 yang batal dan dipindah ke Argentina.

Stadion yang punya kapasitas 27 ribu penonton akan menjadi tuan rumah untuk 8 negara peserta dalam 2 grup di Piala Dunia U-17. Beberapa catatan kecil akan terus diperbaiki sebelum penyelenggaraan Piala Dunia kelompok umum tersebut yang terbilang sudah sangat dekat.

3. Stadion Manahan di Solo

Status stadion Manahan ini sama seperti stadion Si Jalak Harupat yang merupakan bekas rencana lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20. stadion yang baru mengalami renovasi di tahun 2018 tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni untuk menyelenggarakan pertandingan internasional.

Salah satu keunggulan dari stadion Manahan adalah lokasinya yang strategi di tengah kota Solo. Solo lewat Stadion Manahan akan menyelenggarakan 1 grup penyisihan serta babak semifinal hingga final Piala Dunia U-17, termasuk penutupannya.

4. Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya

Satu lagi stadion yang akan melengkapi tempat penyelenggara pertandingan Piala Dunia U-17 adalah Gelora Bung Tomo di Surabaya. stadion yang dibuka sejak tahun 2010 tersebut punya daya tampung yang cukup besar yakni 46 ribu penonton.

GBT atau Gelora Bung Tomo sudah mengalami banyak renovasi pada saat persiapan Piala Dunia U-20 2023 yang tidak jadi berlangsung di Indonesia. Dari inspeksi FIFA terakhir, sudah tidak banyak lagi temuan dan catatan besar untuk stadion Glora Bung Tomo (GBT) karena hanya tinggal beberapa persiapan akhir saja yang dibutuhkan.

Kepastian penggunaan 4 stadion dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 Indonesia tersebut hanya tinggal menunggu pengumuman dari FIFA. Pemerintahan dan PSSI harus segera mempersiapkan Stadion agar memenuhi syarat dan standar dari FIFA untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. 

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads